Minggu, 22 Maret 2015

Resuman film "Pirates Of Silicon Valley"

Resum film "Pirates Of Silicon Valley"

Pirates Silicon Valley ini menceritakan kisah nyata karier seorang Steven Jobs yang mencetus kan Apple Computers Inc. Dan Bill Gates pencetus microsoft. Film ini menceritakan persaingan yang hebat diantara mereka untuk mendapatkan suatu penemuan terhebat yang mereka buat dengan sistem dan cara yang jenius. Pada saat itu mereka ingin menciptakan kotak biru, mirip telepon jaman dahulu,  tetapi dapat menelepon gratis tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun. Saat itu juga Steve Jobs bermimpi untuk mengembangkan kotak biru itu dengan cara mrnjual kotak biru tersebut, saat iru lah dia berfikir bahwa informasi adalah kunci paling penting dalam menguasai dunia.
 Namun malang suatu hari mereka hampir tertangkap polisi karena kotak birunya tersebut yang dianggap ilegal dan tidak ada standard resmi dari negara mereka. Setelah itu Wozniak berfikir untuk tidak membuat sesuatu yang ilegal dan beresiko, akhirnya Wozniak dan Steve Jobs membuat komputer pertamanya, pada saat pembuatan komputer pertamanya,  komputer mereka terbakar karena mengalami konsleting kabel. Hal tersebut tidak membuat mereka menyerah, namun semakin terpacu untuk membuat ide-ide besar yang akan membawa perubahan besar pada dunia dalam dunia teknologi.
Dalam perjalanan usaha mereka tidak berjalan mulus begitu saya, dari awal perjalanannya saja mereka mengalami kebangkrutan, dan mereka memutuskan untuk menghentikan dahulu usaha komputernya selama seminggu, dan mereka mencari pekerjaan untuk menambah modal biaya usaha mereka dengan menjadi badut, ajakkan dari Arlene pacar dari Steve Jobs tidak ketinggalan Wozniak pun ikut dalam pekerjaan tersebut.
Di sisi lain Bill Gates dan Paul Allen menjalani hidup yang begitu santai dengan menciptakan microsoft yang tidak dikenal oleh banyak orang. Kemudian pada suatu saat, mereka melihat peluang untuk membuat bahasa pemrograman yang akan mereka jual ke perusahaan MITS. Usaha mereka tidaklah sia-sia karena MITS menerima hasil karya mereka dan memberikan mereka hadiah. Namun Bill Gates khawatir pihak MITS mengetahui bahwa kantor mereka hanyalah motel dengan keadaan kumuh dan tidak layak untuk ditempati dan mereka hanya memiliki dua karyawan saja. Keseriusan mereka dalam mencari modal biaya untuk usaha terbesarnya dalam mengembangkan microsoft mereka menyewakan motelnya untuk tempat bermaksiat, hal tersebut sangat menguntungkan mereka dalam meraih uang dari hasil penyewaan tersebut.
Sementara di sisi lain orang hebat seperti Bill Gates ada Steve Jobs lebih memukau dunia saat itu ,dia dan Steve Wosniak membuat prototype sebuah komputer . Mereka memamerkan komputernya yang dilengkapi dengan monitor dalam sebuah grup pecinta komputer dan mendapatkan order pertama 50 unit. Mereka berdua beruntung juga , setelah berkali-kali mencari modal baik berupa pinjaman dari Bank serta menjual Mobilnya, akhirnya suatu hari datanglah Mike Markula, seorang Pegawai Intel Corporation, saat itu dia tengah mencari peluang bisnis , dan dia menawarkan 250ribu dollar untuk proyek Apple , merekapun mulai proyek Apple  dengan lebih professional,  hingga pada suatu hari di sebuah pameran komputer Apple benar-benar membuat para pengunjung terpukau dengan hasil karya dan kagum akan komputer Apple, Dari sinilah Apple bermula dan berkembang cepat.
Sisi lain dari kehidupan Pribadi  Steve Jobs yaitu disaat masa kejayaannya sedag diatas puncak dia melupakan orang terdekatnya yaitu Arlene yang telah dia hamili, namun Jobs menganggap bahwa anak tersebut bukanlah anaknya dan ibu hanya ambisi Arlene untuk menjadi seorang ibu, sejak itupun Arlene pindah ke Oregon dan jauh dari Steve Jobs. Tak lama kemudian anaknyapun lahir dan Jobs menjenguk anaknya dan diberi nama Lisa.
Sementara itu Bill Gates masih berkutat dengan Microsoft belum bisa tumbuh seperti yang diharapkannya, melihat Apple yang telah sukses dan membuat IBM seperti kalah bersaing, Bill Gates pun berfikir, bagaimana caranya agar IBM membutuhkannya, Akhirnya Bill Gates membuat karya yang besar dengan memutuskan untuk bekerja sama dengan IBM. merekapun segera menjalankan niat tersebut dengan mendatangi Kantor IBM, Bill Gates menawarkan seperangkat sistem operasi yang ia klaim mampu berintegrasi dengan komputer buatan IBM. Yang Ia menamainya dengan sebutan DOS (Disk Operating System). Namun sebenarnya Bill tak pernah membuat satu sistem operasi apapun. Dengan pintarnya Bill Gates dengan bantuan Paul berhasil membeli sistem operasi dari Seatle  dengan harga 50 ribu Dollar kemudian mengutak-atik dan menyempurnakannya dan kemudian menjualnya ke IBM dengan harga yang jauh lebih tinggi.
Microsoft yang awalnya tidak terkenal dan tidak dapat disandingkan dengan perusahaan hebat Apple kini dapat sesuka hati mengutak-atik prototype Macintosh Apple yang  baru akan diliris setahun kemudian, hal  ini disebabkan karena pengakuan Bill Gates bahwa IBM selaku saingan Apple menginginkan produk dari Microsoft, sehingga Steve pun harus sedikit khawatir dengan IBM dan tidak angkuh terhadap kehebatan yang dimiliki olehnya. Akhirnya Steve Jobs  menerima Microsoft tanpa memikirkan resiko yang akan timbul seperti pada kenyataannya. Bill Gates dengan segala kejeniusannya diam-diam mengutak-atik sistem operasi dan teknologi Macintosh dan meluncurkan apa yang kita kenal sekarang sebagai Windows, padahal saat itu Macintosh belum diluncurkan.Tapi karena kelihaian dan kejeniusan  Bill Gates dapat mengelabui Apple. Dari situlah Microsoft bekembang pesat dan jutru menjadi saingan berat bagi Apple sehingga membuat Steve Jobs merasa sangat di permainkan dan ide-ide yang di milikinya merasa telah dicuri oleh Bill Bates. Namun  Steve Jobs malah menganggap hal ini sebagai sesuatu yang hebat dan dia menganggap macintosh adalah yang terbaik diantara pendahulunya yaitu Lisa dan Apple II. Bagi orang pada umumnya saat itu dapat dikata bahwa  Apple menghancurkan dirinya sendiri.
 
Akhirnya suatu hari Steve Jobs dipecat dari Apple yang pada saat itu John Sculley yang menjadi Presiden di Perusahaan Apple, Steve dianggap membawa dampak buruk bagi kelanjutan Apple dan telah menghancurkan nama Apple dalam dunia teknologi pada saat itu, namun tanpa Steve Apple justru dapat dibilang kurang Inovatif karena pada dasarnya dibalik sifat Steve yang Arogan terdapat ide cemerlang dalam memajukan dunia informasi dan teknologi, maka pada tahun 1997 Steve Jobs secara resmi di panggil kembali ke Apple. Dan Akhir cerita, Bill gates telah menjadi orang terkaya di dunia dan telah juga memiliki saham Apple Computers Inc. dengan Microsoft yang dimilikinya.

0 komentar:

Posting Komentar